-->

Keunikan Alat Musik Provinsi Maluku Utara

Alat Musik Maluku Utara
“ FU, Tifa, Bambu Hitada dan Cikir ”

Media Pendidikan-Provinsi Maluku Utara merupakan provinsi yang telah resmi terbentuk menjadi provinsi sendiri pada 04 Oktober 1999 silam, dan erupakan salah satu dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia, Maluku Utara juga memiliki beragam kebudayaan sepertihalnya daerah-daerah lain, mulai dari rumah adat, pakain adat, senjata tradisional dan alat musik tradisional, sebagai bangsa yang besar kita patut berbangga hati, karena keragaman budaya yang kita miliki merupakan sebuah kekayaan yang dimiliki oleh bangsa kita dan belum tentu dimiliki oleh bangsa lain.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai ciri-ciri dan keunikan alat musik dari provinsi Maluku Utara.

Terdapat beraneka ragam alat musik yang berasal dari Maluku Utara, dan 

      1.     Fu

Fu adalah salah satu alat musik tiup tradisional khas maluku utara, adapun ciri-ciri dari alat musik ini adalah, bahan yang digunakan adalah kulit kerang laut, dahulu alat musik fu ini berfungsi sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk memanggil penduduk, selain itu alat musik Fu juga dapat difungsikan sebagai pengiring tarian Suku Asmat yang bermukim di Kabupaten Meraoke.

Di papua alat musik Fu sebuah alat musik yang dipadu dengan alat musik lain seperti tifa, sehingga menciptakan warna harmoni yang unik.
Namun sayangnya alat musik Fu ini sudah sulit di temukan, dan keberadaannya hanya dijadikan sebagai pajangan atau hiasan dan sebagian lagi disimpan di museum.

Tetapi ada beberapa desa yang patut kita acungi jempol, desa tersebut adalah desa Sirisori, Hutumuri, desa Amalatu, karena di desa ini alat musik Fu masih digunakan sesuai fungsinya, dan kelestariannya sebagai alat musik khas Maluku Utara masih tetap terjaga.

      2.     Tifa
Tifa adalah salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara di tepuk, dan selain di papua kita juga dapat menemukan alat musik tifa ini di Maluku Utara, untuk jenis-jenis tifa juga terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah tifa Tifa Jekir Potong, Tifa Potong, Tifa Jekir, Tifa Dasar dan satu lagi adalah Tifa Bas.

      3.     Bambu Hitada
Alat musik Bambu Hitada adalah alat musik utama musik yang dimiliki Maluku Utara, Bambu Hitada adalah alatmusik berbahan dasar bambu, yang terdiri dari 2 ruas bambu yang memiliki panjang tidak kurang dari 1,7 cm dan bambu tersebut diberi lubang Sesuai dengan nada yang di inginkan, Bambu Hitada di cat seindah mungkin.

Adapun cara memainkan alat musik bambu hitada adalah tergolong unik, karena memainkannya dengan cara di gejoh (jawa) atau di tumbukkan ke tanah atu ubin yang di alas dengan goni, bambu ini dimainkan dengan posisi bambu tegak lurus.
Alat musik Bambu Hitada biasanya dimainkan saat acara tertentu, seperti acara Perkawinan, Pesta Rakyat atau Hajatan Syukuran, Alat musik Bambu Hitada  biasanya dimainkan oleh 5 sampai 13 pemain.

      4.     Cikir
Cikir merupakan sebuah alat musik yang terbuat dari batok kelapa yang masih bulat, lalu diisi dengan kerikil, dan diberi tangkai sebagai pegangannya, Cikir dimainkan dengan cara di goyang-goyang.

Deikian artikel tentang alat musik dari maluku utara kali ini, semoga bermanfaat dan salam Media Pendidikan .


AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar