-->

Rumah Adat Riau Selaso Jatuh Kembar Ciri-ciri serta Fungsinya

Ciri-ciri dan Fungsi Rumah Adat Riau  "Selaso Jatuh Kembar”
image by https://lifestyle.okezone.com

Media Pendidikan-Rumah Selaso Jatuh Kembar adalah rumah adat dari Provinsi Riau, yang didesain dengan bentuk panggung model persegi panjang, model panggung ini hampir sama dengan kebanyakan jenis rumah adat di daerah-daerah lain, Selaso Jatuh Kembar jika di lihat dari depan tampak simetris, antara bagian kiri dan kanan cenderung kembar atau sama dan terdapat satu buah selasar yang berada tepat di bagian tengah.

Berawal dari tahun 1971 Pemerintah Pusat membangun Taman Mini Indonesia Indah, dan di setiap daerah di wajibkan memiliki jenis rumah adat dari setiap daerahnya masing-masing, dan di Provinsi Riau rumah adat Selaso Jatuh Kembar pertama kali di rumuskan atau di prakarsai  oleh  Gubernur Riau Arifin Ahmad yang menjabat pada saat itu, yang mana beliau membentuk 9 tim terdiri dari para budayawan melayu riau, tim yang di bentuk ini melakukan penelitian dan mencari referensi yang nantinya akan di jadikan sebagai acuan dasar pembangunan Rumah Adat Riau, referensi ini di dapat dari setiap daerah yang ada di provinsi riau.

Kemudian setelah melakukan riset dari berbagai daerah di Riau lahirlah arsitektur dari rumah adat riau ini Selaso Jatuh Kembar sebagai rumah adat resmi untuk Provinsi Riau.

Selaso Jatuh Kembar pertama kali diperkenalkan sekaligus ditetapkan menjadi rumah adat provinsi riau oleh Gubernur Riau Imam Munandar, adapun ciri-ciri rumah adat Selaso Jatuh Kembar jatuh kembar adalah sebagai berikut :

Ciri-Ciri Rumah Selaso Jatuh :

1.              Rumah Selaso Jatuh dibangun lengkap dengan ventilasi pintu serta jendela, Rumah Selaso Jatuh tidak di lengkapi dengan kamar-kamar, karena rumah adat ini tidak difungsikan sebagai tempat tinggal keluarga.
2.              Rumah Selaso Jatuh memiliki satu buah selasar yang terletak di bagian depan.
3.              Di bagian tengah tengah rumah di desain bersekat dengan papan di antara selasar dan telo.
4.              Bagian rumah semakin mengecil kebagian telo, dan itu biasa di gunakan sebagai  ruang makan, dan pada bagian belakangnya dijadikan sebagai dapur.
5.              Pada bagian Balai Rumah Selaso Jatuh Kembar terdapat selasar keliling dengan posisi tempat lebih rendah dari ruangan tengah.
6.              Selaso Jatuh Kembar memiliki ornamen selembayung di bagian atas atap rumahnya, di bagian bangunan yang lain diukir dengan dengan motif-motif khas melayu riau seperti; Motif Lebah Bergayut, Pucuk Rebung, Motif Selembayung dan lain-lain.


Fungsi Rumah Selaso Jatuh Kembar:

1.              Rumah Selaso Jatuh Kembar adalah bangunan atau rumah adat khas Riau yang di desain lengkap dengan pintu dan jendela, akan tetapi tidak terdapat ruangan kamarnya, dikarenakan rumah adat Rumah Selaso Jatuh tidak di fungsikan sebagai tempat tinggal  keluarga. akan tetapi  lebih berfungsi sebagai tempat bermusyawarah atau rapat adat, atau kerapatan adat melayu riau.

Demikianlah Artikel tentang Ciri-ciri dan Fungsi Rumah Adat Riau ” Selaso Jatuh Kembar” kali ini semoga bermanfaat, dan salam Media Pendidikan.

AdSense
Tags:
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar